MANFAAT MEMBACA AL-IKHLAS

  1. Karena surat ini mampu menyelamatkan pembacanya dari segala kesulitan, baik urusan dunia ataupun akhirat, ketika sakaratul maut, kegelapan dalam alam kubur, dan kelak di hari kiamat.Berikut beberapa hadits dan kisah yang meriwayatkan tentang keutamaan membaca SURAT AL-IKHLAS:Dari Anas Bin Malik ra, Nabi SAW bersabda:Siapa membaca su…rat Al-Ikhlas 1x, seolah-olah ia membaca Al-Qur’an sepertiganya, membacanya 2x berarti duapertiga Al-Qur’an, dan siapa membaca 3x, seolah-olah ia membaca Al-Qur’an seluruhnya. Dan barangsiapa membacanya 10x, maka ALLAH membangunkan untuknya sebuah gedung di surga yang terbuat dari yakut (permata merah).

    Dari Rasullullah SAW sabdanya kepada Aisyah ra:

    Janganlah tidur sebelum melakukan 4 perkara, yaitu:

    1. Mengkhatamkan Al-Qur’an

    2. Menjadikan para Nabi sebagai penolongmu kelak di hari Kiamat

    3. Membuat umat Islam senang kepadamu

    4. Melakukan ibadah haji dan umrah

    Kemudian Aisyah bertanya, “Ya Rasul kenapa engkau menyuruhku melakukan 4 perkara yang tidak mungkin aku lakukan dalam waktu sesingkat ini?” Maka Beliau tersenyum, dan bersabda: “Apabila engkau membaca Surat Al-Ikhlas, berarti seolah-olah engkau telah mengkhatamkan Al-Qur’an, dan jika engkau bersholawat kepadaku dan para nabi sebelumku, berarti engkau telah menjadikan kami sebagai penolongmu kelak di hari Kiamat, dan ketika engkau memohonkan ampunan untuk orang-orang mukmin, berarti mereka telah ridha kepadamu, dan apabila engkau mengucapkan: SUBHANALLAH WALHAMDULILLAHI WALAAILAHAILALL AHULLAHUAKBAR berarti engkau telah melakukan ibadah haji dan umrah. (Tafsir Hana’fi)

    Ada sebuah kisah ketika zaman Rasullullah ada seorang yang meninggal tetapi masih mempunyai hutang 4 dirham, ketika Nabi menangguhkan menshoaatkan jenazah tersebut dikarenakan hutangnya, ALLAH menurunkan pertolonganannya melalui malaikat jibril yang menjelma sebagai manusia dan membayar hutang si mayat tersebut , dikarenakan amalannya membaca surat AL-IKHLAS 100x setiap hari, ALLAH memberikan pertolongan.

    Rasulullah SAW juga bersabda:
    “Siapa membaca surat ikhlas 1x sepanjang usianya, maka tiadalah ia meninggal dunia sebelum melihat tempatnya di surga, tertentu bagi yang membacanya dalam sholat 5 waktu 1x setiap hari, kelak di hari Kiamat ia dapat menolong seluruh famili dan keluarganya yag sudah dipastikan masuk neraka.” (Hadits Arba’in)

    Dari Ibnu Abbas ra, hadits Rasullullah SAW:
    “Ketika aku di isra kan ke langit, aku melihat ARASY pada 360.000 buah sendi, jarak antara sendi satu dengan lainnya, sejauh 300.000 tahun perjalanan, di bawah setiap sendi terdapat 12.000 padang yang luas, setiap padang luas itu sejauh dunia timur sampai barat. Dan setiap padang luas itu terdapat malaikat sejumlah 80.000 malaikat yang semuanya membaca Al Ikhlas, maka ketika selesai membaca Al-Ikhlas merekapun berdoa kepada Allah dan menghadiahkan pahala mereka bagi orang-orang yang membaca Al Ikhlas.

    Kemudian para sahabat kagum, maka Nabi SAW berkata:
    “Demi Allah yang aku berada di tangan kekuasaanNYA, sesungguhnya surat Ikhlas itu setiap ayatnya tertulis pada sayap 4 malaika , masing-masing, yaitu:

    1. Ayat pertama, pada sayap malaikat Jibril

    2. Ayat kedua, pada sayap malaikat Maikail

    3. Ayat ketiga, pada sayap maikatat Izrail

    4. Ayat keempat, pada sayap malaikat Israfil

    Surat Al-Ikhlas juga melapangkan rezeki, sesuai dengan cerita seorang pria terkait dengan kefakirannya, maka Rasullullah bersabda: Apabila masuk rumah, bacalah surat Al-Ikhlas. maka Pria tersebut pun melaksanakannya, dan kemudian Allah SWT melapangkan rezekinya.

    Siapa membaca surat Al-Ikhlas di tengah-tengah menderita sakitnya hingga meninggal dunia, maka ia tidak akan membusuk dalam kubur dan bebas dari kesempitan kuburnya, serta malaikat membawanya dengan sayap hingga melintasi sirat menuju surga. (Tadzirah Al Kurtubi)

    Dikutip dari Kitab Duratun Nasihin bab keutamaan membaca Al-Ikhlas dan Basmalah, dan Buku Oase Spiritual 2 Hikmah dalam ujaran dan Kisah (Saduran dari kitab klasik Al-Mawa-izh Al-Ushfuriah)

    Semoga dapat memberi hikmah dan manfaat bagi kita semua. Aamiin

- IKLAN -

Comments are closed.